iklan

Ini 10 Penyebab Anak Berkata dan Bersikap Kasar, Padahal Kita Tak Pernah Mengajari

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Ini 10 Penyebab Anak Berkata dan Bersikap Kasar, Padahal Kita Tak Pernah Mengajari

Mendidik anak bukan perkara yang mudah. Apalagi lingkungan disekitar tempat tinggal kurang mendukung. Namun hal itu juga tak semestinya menjadi alasan.

Memang cukup mengejutkan ketika anak bisa berkata kasar. Anda mungkin bertanya-tanya, di mana dan bagaimana anak Anda belajar bahwa bahasa seperti itu? Apakah dia benar-benar mengerti apa yang dia katakan? Mengapa ia seperti itu? Sangatlah penting memiliki pengetahuan mengenai alasan anak Anda berkata kasar agar bisa mengambil tindakan yang tepat. Bagaimana Anda bereaksi terhadap kata-kata kasar yang diucapkan anak Anda saat ini, akan mempengaruhi perilaku di masa depannya.


Berikut ini adalah 10 penyebab anak Anda berkata kasar dikutip dari sayangianak.com,

 1. Mencoba mengeksplorasi bahasa, yang bahkan mungkin ia belum tahu artinya

Anak-anak sering bersumpah atau menggunakan kata atau kalimat yang buruk karena mereka ingin mengeksplorasi bahasa. Mereka mungkin akan menguji kata baru, meski mungkin mereka belum memahami maknanya.


2. Anak merespon sesuatu dan melampiaskanya dengan negatif

Ketika anak-anak usia sekolah bersumpah, biasanya untuk melampiaskan beberapa perasaan negatif. Ini adalah respon terhadap sesuatu yang menyakitkan, menjengkelkan atau frustrasi. Jika kata-kata tersebut terlontar karena kemarahan, Anda bisa mengajarkan anak Anda bahwa merasa marah itu tidak apa-apa.

Tapi, akan lebih baik bagi anak Anda untuk mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata yang lebih tepat, atau menjauh dari apa yang membuatnya marah. Sebagai contoh, jika anak Anda marah dengan teman bermainnya, katakan padanya untuk pergi atau meminta bantuan orang dewasa dengan situasi yang ia hadapi.


3. Saat frustasi apa yang pernah didengarkan terucapkan olehnya

Hal ini bisa terjadi ketika anak tidak dapat menyelesaikan sesuatu atau mendapat rintangan yang tidak bisa ia selesaikan. Jika kata-kata tersebut terucap karena frustrasi, bicaralah kepada anak Anda melalui langkah-langkah yang tepat untuk memilah masalah bagi dirinya sendiri.

Misalnya, jika ia telah kehilangan mainan, sarankan dia untuk mencarinya terlebih dulu di tempat terakhir ia bermain. Kemudian, lanjutkan pencarian di kamar tidurnya, dan sebagainya.

Ajarkan Anda cara-cara alternatif untuk menangani anak dengan kemarahan dan frustrasi. Hal ini dapat mencakup menghitung sampai 10, mengambil napas dalam-dalam, atau berbicara tentang perasaan marah.


4. Berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan

Anak-anak mungkin juga bersumpah untuk menyesuaikan diri secara sosial. Mereka mungkin mencoba untuk menjadi bagian dari kelompok, atau untuk menonjol dengan menjadi lucu atau menambahkan nilai kejutan pembicaraan mereka. Anak-anak mungkin juga akan meniru orang lain ketika mereka bersumpah.

5. Anak terlalu terkungkung dengan peraturan

Beberapa anak berkata kasar karena mendapat reaksi keras da ri orang tua mereka. Dalam hal ini, belajarlah menerima apa yang mereka pikirkan dan doronglah mereka untuk mengucapkan dengan cara yang baik. Dorong anak Anda untuk menggunakan kata-kata alternatif yang tidak ofensif. Misalnya, Anda bisa menyarankan, ‘sandal’ atau ‘brrr’ atau bahkan kata-kata lucu yang Anda dan anak Anda buat bersama-sama.


6. Untuk mencari perhatian dari orang-orang dewasa di sekitarnya

Beberapa anak berusaha mendapatkan perhatian dari orang dewasa sekitarnya dengan mengucapkan kata-kata kasar. Jika anak Anda bersumpah karena mendapat perhatian atau reaksi yang baik dari Anda, cobalah untuk memastikan Anda tidak bereaksi sama sekali. Tetaplah tenang dan tidak berkata apapun. Berikan perhatian dan pujian ketika anak Anda menggunakan bahasa yang sopan.


7. Tidak adanya aturan keluarga

Ketidak konsistenan aturan, atau bahkan ketiadaan aturan dalam keluarga membuat anak-anak merasa bahwa keluarga menerima kata-kata kasar tersebut. Orangtua perlu menetapkan kebijakan toleransi nol untuk pengucapan kata-kata, apalagi yang ditujukan terhadap seseorang. Tidak ada alasan apapun yang memperbolehkan mereka untuk melakukan pelanggaran.

Ketika anak-anak mengutuk orang tua dan saudara kandung mereka dan memanggil nama mereka menggunakan istilah yang buruk, ini adalah pelecehan verbal, bukan hanya berkata-kata buruk. Hal ini merusak, tidak hanya menjengkelkan. Maka, tanganilah dengan cara yang sama Anda dengan jenis perilaku kasar. Ketika seorang anak mengatakan, “Kamu bodoh,” atau “Kamu jelek,” maka itu akan merusak anak-anak yang lain, dan Anda bertanggung jawab untuk melindungi mereka dari serangan seperti itu.


8. Mencontoh orang di sekitar mereka

Bayi dan balita mempelajari kata-kata yang mereka dengar dari orang-orang di sekitar mereka, terutama orang tua. Mereka juga mempelajari perasaan yang dirasakan orang lain ketka kata-kata tersebut diucapkan. Secara tidak langsung, mereka tentang bagaimana orang lain melihat dan bertindak ketika menggunakan kata tertentu, dan bagaimana Anda melihat dan bertindak ketika anak-anak Anda mengatakan kata yang sama. Jadi jika orang tua selalu mengatakan kata tertentu ketika mereka marah, anak mereka cenderung mengatakan kata yang sama ketika marah, tanpa tahu apa artinya.


9. Untuk mengulang reaksi yang diinginkan

Jika Anda tertawa atau bahkan mencoba untuk menyembunyikan senyum ketika anak Anda pertama kali mengatakan satu kata yang kasar, maka dia kemungkinan akan mengulanginya lagi untuk mengambil perasaan Anda. Hal yang sangat ia inginkan dengan mengatakannya lagi sebagai anak-anak adalah ingin menyenangkan orang tua mereka lebih dari apa pun.


10. Menikmati sensasi kata baru


Anak-anak menikmati penggunaan kata-kata dan segala hal yang baru mereka pelajari. Dengan bermain dengan kata-kata yang mereka anggap menarik atau rahasia atau khusus, mereka mendapatkan sensasi yang menyenangkan.

Balita usia tiga dan empat tahun mungkin memiliki perasaan yang menyenangkan ketika memanggil orang lain kata-kata buruk karena mereka telah belajar bahwa ada sesuatu yang menarik tentang kata-kata itu.



Baca Juga:

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90