iklan

Astagfirullah... Setelah Melakukan Amalan Ini, Ajalnya Ditunda 5 Tahun

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Astagfirullah... Setelah Melakukan Amalan Ini, Ajalnya Ditunda 5 Tahun

Ada banyak hikmah yang bisa ditarik dari kisah-kisah para Nabi dan orang-orang saleh jaman dulu. Diceritakannya kisah tersebut dalam kitab-kitab agar generasi mendatang dan menjadikannya sebagai pembelajaran.

Salah satu kisah ajaib yang menjadi ilham bagi banyak orang adalah kisah seorang pria yang umurnya dipanjangkan oleh Allah, SWT berkat amalannya.

Pria tersebut hidup di jaman Nabi Sulaiman, AS. Karena amalannya yang mulia dan ikhlas, Allah berkenan mengabulkan doanya saat itu juga.

Dikisahkan pria tersebut mendatangi Nabi Sulaiman ‘Alaihis salam bersama dengan seorang wanita. Pria dan wanita tersebut minta dinikahkan oleh sang Nabi. Selesai akad, dan keduanya dinayatakan telah resmi menjadi pasangan suami istri, keduanya pun pulang. Bersamaan dengan keluarnya pria tersebut dari rumah Nabi Sulaiman, ada malaikat yang datang bertamu.


Kepada Sulaiman, malaikat tersebut berkata bahwa laki-laki yang baru saja menikah tersebut akan meninggal dalam lima hari kedepan.

Lima hari setelahnya, Nabi Sulaiman ‘Alaihis salam terlihat sibuk dengan aktivitasnya. Hingga hari kelima habis, laki-laki yang disebut oleh malaikat itu ternyata masih hidup.

Nabi Sulaiman hanya diam, sembari bertanya-tanya, kok bisa malaikat berkata demikian, tapi tidak kejadian? Apa malaikat tersebut sudah salah melihat orang?

Selanjutnya hari keenam pun lewat, begitu pula hari ketujuh dan seterusnya, hingga satu tahun kemudian, pria tadi masih hidup dan bahagia bersama istrinya. Nabi Sulaiman masih menyimpan rasa keheranan di dalam hatinya.

Hingga suatu hari dia kembali bertemu dengan malaikat tersebut. Nabi Sulaiman langsung bertanya mengapa pria tersebut masih hidup, bukankah engkau dulu menyebut umurnya sisa 5 hari lagi?

 “Hai ulaiman,” jawab malaikat, “Jangan terkejut. Aku memang akan mencabut nyawanya, lima hari setelah hari itu. Akan tetapi, sekeluarnya dia dari rumahnya, ada seorang pengemis. Laki-laki itu memberi sedekah sebanyak lima dirham, lalu ia meminta didoakan oleh pengemis agar diberi umur panjang.”

“Maka, Aku diperintah Allah untuk menangguhkan usia laki-laki itu hingga lima tahun ke depan lantaran berkah dari sedekahnya.”

Dalam kisah ini terdapat pelajaran yang berharga bagaimana sedekah yang ikhlas akan membantu kita menjalani hidup ini.

Meski demikian, hendaknya kita berupaya meluruskan niat. Bahwa semua amalan kita karena Allah Ta’ala. Perkara bonus, itu pun murni Kuasa-Nya.

Hari ini sudah sedekah?

Wallahu a’lam



Baca Juga:

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90