iklan

Subhanallah…Ternyata Inilah Hal Wajib yang Harus Dilakukan Sebelum Masuk Bulan Ramadhan…

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Subhanallah…Ternyata Inilah Hal Wajib yang Harus Dilakukan Sebelum Masuk Bulan Ramadhan…

Di Bulan Ramadhan ini, seluruh amalan kita akan dilipat gandakan ganjarannya. Kasih sayang Allah begitu besar pada Bulan ini di sepanjang hari sejak 10 hari pertama. Pintu ampunan dibuka lebar pada 10 hari kedua dan pembebasan dari api neraka ditetapkan pada sepuluh hari ketiga.

Lebih-lebih pada bulan ini terdapat tamu agung yang akan datang, yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan (Lailatul Qadar). Tamu agung tersebut tentunya tidak akan datang kecuali kepada orang yang sudah siap menjemput kedatangannya, serta sudah mempersiapkan rumahnya untuk didatangi.

Dikutip dari ngajionlie, Lalu apa yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan, dan apa yang harus dikerjakan ketika sudah berjumpa dengan bulan suci tersebut? mengenai hal itu Rasulullah SAW menjelang akhir bulan Sya’ban melalui khutbahnya yang sedkit panjang mengingatkan kepada para sahabat agar tidak lupa melakukan empat hal tersebut.

Rasulullah SAW berkhutbah:

أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم مبارك شهر فيه ليلة خير من ألف شهر

فاستكثروا فيه من أربع خصال خصلتان ترضون بهما ربكم، وخصلتان لا غنى لكم عنهما؛ فأما الخصلتان اللتان ترضون بهما ربكم فشهادة أن لا إله إلا الله وتستغفرونه، وأما اللتان لا غنى عنهما فتسألون الله الجنة، وتعوذون به من النار (رواه ابن حزيمة)

Wahai para manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung, penuh berkah, bulan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan (lailatul Qadar). Maka perbanyaklah untuk melakukan empat hal, dua hal yang pertama (jika engkau melakukan) membuat Allah SWT ridha kepada kalian.

Dan adapun dua hal yang terakhir ialah jangan sampai tidak dikerjakan. Dua hal yang pertama yang membuat Allah ridha ialah yang pertama bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah (membaca syahadah) dan yang kedua memperbanyak istighfar.


Adapaun yang dua hal yang terakhir yang jangan sampai tidak dikerjakan ialah meminta surga dan meminta dijauhkan dari neraka. “(HR. Ibnu Huzaimah)

Berkaitan dengan pesan Rasulullah SAW di atas seorang pakar Tafsir Al-Qura’n Prof. Dr. Qurais Syihab menjelaskan dalam satu ceramahnya beliau mengatakan bahwa sebenarnya umat Islam sudah terbiasa melakukannya (membacanya) akan tetapi sebagian tidak paham akan maksudnya.

Empat hal itu sebenarnya sering dibaca oleh umat Islam ketika hendak berbuka dan setelah shalat witir yakni,

اشهد ان لااله الا الله استغفر الله نسألك رضاك والجنة ونعوذبك من سحطك والنار

(saya bersaksi tidak ada tuhan selain Allah, saya memohon ampunan kepada Allah, kami meminta kepadamu ridha dan Surga dan memohon dijauhkan dari murkamu dan api Neraka)

Qurais Syihab menjelaskan bahwa arti dari syahadah ialah kita harus memperbaharui keimanan, menanamkan dalam hati serta keyakianan kita bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Yang menguasi alam semesta ini serta yang mengatur seluruh kejadian dalam alam semesta ini, dari hal yang sangat kecil sampai pada hal sanagat besar.

Bahkan rumput yang menghijau dan daun yang jatuh itu tidak lepas aturan Allah SWT, baik aturan itu memalui sistem (sunnatullah) atau tanpa melalui sistem (inayatullah). Itulah arti syahadah yang perlu ditanamkan. Hal itu selaras dengan apa yang diperintahkan Nabi SAW :

“Perbaharuilah iman kalian, para sahabat bertanya “bagaimana cara kami memberbaharui iman kami wahai Rasulullah”? Rasul menjawab “Perbanyaklah membaca laa ilaaha illa Allah” (HR. Ahmad, Hakim, Nasa’i dan Thabrani)

Selanjutnya tentang istighfar, beliau menjelaskan bahwa yang dimaksud istighfar ialah hendaknya kita menyadari betapa banyak kesalahan yang telah kita perbuat namun Allah menutupinya. Allah menyukai hamba yang selalu sadar akan kehinaannya dan tidak bangga terhadap apa yang dilakukannya.





Baca Juga :

Bagi Ibu Hamil yang Masih Ragu Untuk Puasa? Bacalah Penjelasan Ini

Bikin Merinding !! Wanita Ini Dengar Tangisan dari Gudang Tua, Saat Ia Masuk Ternyata Subhanallah…
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90